Artikel

Filosofi Hidup SMS Dalang Edan (1)

7,150 Views

Dewi Sinta diculik oleh Rahwana seperti dalam lakon-lakon Ramayana? Ah, bagi saya, itu bo’ong. Bagi saya, Sinta emang udah jenuh kawin ma Prabu Rama. Siapa sih perempuan yang gak bosen punya suami lurus-lurus saja hidupnya. Apa enaknya bercinta tanpa rasa cemburu dan kebencian karena suaminya tak pernah selingkuh? Bukankah cinta yang dahsyat itu peleburan dan ramuan dari rasa sayang, kangen, hirau, cemburu (persaingan), dendam, benci dan sebagainya?

Maka ikutlah Sinta berburu bersama Rama ke hutan. Maka ketika ada kijang kencana (samaran dari pasukan Rahwana), Sinta merajuk agar sang suami mengejarnya. Dan ketika suami sudah pergi lalu datang pengemis (samaran dari Rahwana), Sinta ikutlah. Terbang ke Alengka. Tralalalala Trilililili…

Hal-hal seperti itulah sebenarnya yang saya sajikan pada layanan SMS Dalang Edang tak lebih dari 162 karakter. Bagaimana cara berlangganan SMS itu, tak perlu saya jelaskan di sini, karena sudah ada di dalam salah satu iklan web ini.

Hampir delapan bulan lalu, ketika ditawari bikin SMS Dalang Edan, saya pikir-pikir apa masih orang-orang masih perlu filosofi hidup ya? Bukankah para kiai dan agamawan lain sudah banyak yang bikin layanan SMS dengan ayat-ayat dan dalil-dalil?

“Tapi apa salahnya dicoba,” bujuk mereka. Saya sudah pengin nyoba, tapi ragu lagi karena keharusan frekuensi penulisan 2 kali per minggu. Waduh. Dua kali setiap pekan harus bikin filosofi? Udah pengin nyoba lagi. Ah, filsafat apa cuma dalam 162 karakter? Gila. Ndak tahu kenapa akhinya saya coba juga. Dalam catatan saya di awal-awal, SMS-SMS dua kali per minggu itu antara lain begini:

1. 2 rahasia sukses Arjuna: 1 tak pernah mendebat perempuan 2 kalo dilarang oleh perempuan, ia cuma mengangguk, tersenyum lalu menyiapkan upacara bunuh diri

2. Kunthi,ibu Pandawa,kepada calon2 menantunya: pikirkan cara2 indah kalian kalo akan pacaran, karena setelah menikah, semua laki2 sama saja

3. Banuwati tak dandan buat suaminya, Raja Duryudana. Pacar gelap Arjuna ini dandan terutama buat istri Arjuna. Inti hidup adalah persaingan perempuan

4. Cinta jgn nanggung,hrs mati2an.Arimbi cinta mati sm Bima.Cewek raksasa ini seketika tampak jadi bidadari. Itu salon yg lebih hebat dari salonnya Paris Hilton.

5. Akal cewek.Banowati mau dinikahi Raja Duryudana asal saat mantenan dirias o/ Arjuna,pacar gelapnya,selama 40 hr-40 mlm dalam 1 kamar. Duryudana oke… WAH?!

Kira-kira begitulah SMS di awal-awal. Sambutan masyarakat tidak begitu gegap gempita. Tapi lumayan, karena bayangan saya di zaman sekarang ini tak akan ada orang peduli pada falsafah-falsafah kuno yang saya tafsir ulang. Kemudian karena saran beberapa orang, SMS saya kembangkan ke soal usulan nama-nama bayi kalau lahir Aries, Sagitarius dan lain-lain.

Misalnya kalau Scorpion itu Tuhu, Estu, Bekti, Sandika (semua berarti melaksanakan tugas dari yang disetiai), bisa juga Wulucumbu (sahabat sejati), Ekakapti, Ekapraya (seia sekata)

Kalau Virgo itu bisa MANUHARA (romantis), MADU MARDAWA (pintar merayu), KINASIH (tercintai), ARUM NDALU (sedap malam)

Bisa pula buat Virgo itu Sujiwo Tejo, tapi jangan ya, udah ada yang make’ soalnya…hehehe…